in

8 Tips Memenangkan Lomba Fotografi

Assalamualaikum
Om Swastyastu

Kompetisi atau Lomba foto berguna untuk setiap fotografer pemula maupun professional yang ingin meningkatkan kemampuan mereka dan mendapatkan fortofolio untuk Job mereka. Memenangkan kompetisi bergengsi dapat menghasilkan liputan media yang berharga dan memberi fotografer kredibilitas tambahan di bidangnya. Kredibilitas tambahan ini sangat berharga jika fotografer bertujuan untuk menjual keahlian kepada orang lain dalam bentuk lokakarya dan tur foto.



Menjadi Seorang Juara dalam kompetisi foto jelas bukan hal yang mudah. Mendapat hal yang dicari juri itu sulit karena pada akhirnya tergantung pada selera pribadi, yang subjektif.

Aku telah mengikuti banyak kontes selama bertahun-tahun dan telah mengalami kekecewaan dan kesuksesan saya. Namun, saya juga memiliki banyak pengalaman dari sisi lain .

Saat teman aku menilai kontes yang dia disuruh untuk menjadi juri, dia mengungkapkan ke saya sering melihat fotografer melakukan kesalahan yang sama berulang kali. Karena itu aku telah mengumpulkan beberapa petunjuk dan tips yang seharusnya membantu Anda mencapai lebih banyak kesuksesan dengan foto” kamu.

Inilah 8 Tips Untuk Kamu Memenangkan Lomba Foto :
1     1.      Berbeda Itu Keren .


Agar foto mu “be different “ dengan peserta yang lain, cobalah untuk mengirimkan foto yang tidak biasa dan mencolok. Juri akan menilai ribuan foto, jadi penting bagi kamu untuk menangkap perhatian mereka dengan sesuatu yang segar dan asli.

Namun wajib diperhatikan juga untuk menjadi berbeda yaitu kecocokan dalam lomba jangan ngasal aja ,karena ini pengalaman pribadi salah TEMA hehehe ,Kamu jangan mencoba” ya.

2       2.   Belajar dari Lomba yang Terdahulu.


Lihatlah pengalaman kamu mengikuti lomba “ sebelumnya jika kamu belum mengikuti lomba maka carilah pemenang kompetisi sebelumnya untuk merasakan jenis foyo yang telah berhasil di tahun-tahun sebelumnya. Ini akan memberikan kamu gambaran tentang apa yang dicari juri.
Pengalaman aku waktu pertama kali tidak dapat melihat foto” yang menang jadi aku tinggal setor aja ,alhasil aku kalah karena ketelodoran aku.

3      3.      “bermain” di kategori yang kurang populer.

Sebagian besar kompetisi besar akan memiliki beberapa kategori dan beberapa akan lebih keren daripada yang lain. Cobalah untuk mencari tahu kategori mana yang kurang kompetitif dan masukkan kategori tersebut untuk peluang yang lebih baik untuk menjadi pemenang kategori.

4     4.      Pahami Aturan nya.


Pastikan kamu membaca peraturan dengan cermat dan mematuhinya. Pada tahap awal, juri akan mencari peluang untuk menyeleksi foto“ Secara khusus, pahami kebijakan kompetisi tentang edit digital gambar.

Biasanya lomba foto hanya memperbolehkan untuk mengutak atik brightness,contrast ,saturation dan tidak boleh berlebihan . Ingat untuk membaca dan memahami “rules” lomba karena itu sangat penting bagi kamu.

5       5.      Dapatkan gambar yang jelas dan detail.
Jangan beri kesempatan pada juri untuk membuang foto kamu karena kamu tidak memperhatikan lebih dari foto” kamu. Foto kamu harus tajam (kecuali blur adalah keputusan artistik yang disengaja), diproses dengan baik dan kualitas cukup tinggi untuk diletakkan untuk pameran cetak jika perlu.

6       6.      Perhatikan Caption Foto Kamu.

Keterangan gambar tidak selalu dipertimbangkan saat menilai tetapi terkadang, terutama di babak selanjutnya ketika juri akan mencari alasan untuk memilih satu foto. Jika gambar kamu menunjukkan sesuatu yang tidak biasa atau menarik,mungkin bisa menjadi pertimbangan bagi juri untuk mengeluarkannya dari list pemenang.

Jika kamu harus berusaha keras untuk mendapatkan foto, maka ceritakan kisah apa yang ada dalam foto itu.Caption foto harus detail namun singkat dan jelas dan tidak melenceng dari foto yang kamu kirim atau tema lomba.

7      7.      Mengumpul foto secepatnya.

Banyak hal yang mewajibkan kamu untuk mengumpulkan foto lebih cepat lebih baik seperti Beberapa situs web dapat menjadi lambat dan tidak responsif saat tenggat waktu semakin dekat.Namun jika mengumpul offline tidak berpengaruh tetapi biasanya juri akan suka terahadap foto yang fresh dibanfingkan foto yang baru dikumpul karena sudah cocok dengan yang pertama.

8      8.      Bersikap Tahan Banting!



Jadikan kegagalan sebagai pengalaman belajar dan terus maju. Yang terpenting, jangan menerima penolakan secara pribadi atau membiarkannya merusak kepercayaan diri kamu. Seperti yang saya katakan sebelumnya, menilai adalah proses yang sangat subyektif. Teruslah mengikuti kompetisi dan akhirnya kamu menjadi seorang JUARA!

Saya harap tips ini bermanfaat bagi kamu yang ingin mengikuti kontes foto. Kontes fotografi adalah cara yang bagus untuk meningkatkan bakat kamudi depan audiens sambil mencari teman baru dan mentor fotografi. Tetapi untuk menjadikan foto kamu juara dan menjadikan nya top 5 , kamu harus memahami aturan dan apa yang mereka cari. Berusaha ekstra untuk mengambil foto terbaik, tetapi pertahankan foto yang bagi kamu menarik . Keep shooting, and keep submitting. SALAMFOTOGRAFI!

Terima Kasih
Om Santih Santih Santih Om
waalaikumussalam

Written by Nanda Sanjaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Perkenalan Dulu Lah Ya -artikel pertama

Fotografi Penari Keren Di Pesta Kesenian Bali 2019